Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RSS

Deskripsi Seni Lukis


A.    Seni Lukis
Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imajinasi tertentu kepada media yang digunakan.
B.     Gambar Bentuk
Menggambar bentuk ( still life ) merupakan proses pemindahan obyek ke dalam bidang dua dimensi dengan tuntutan ketepatan atau kemiripan terhadap obyek yang dilihatnya dengan memperhatikan bentuk, proporsi, komposisi, gelap terang, serta bayang-bayang.
1.      Macam-Macam Bentuk
a.      Bentuk Kubistis adalah benda-benda yang menyerupai berbentuk kubus atau balok, contoh :
·        Almari
·        Meja
·        Kursi
·        Kulkas
·        Televisi
·        Dll
b.      Bentuk Silindris adalah benda-benda yang mempunyai bentuk dasar tabung atau silinder, contoh :
·        Gelas
·        Botol
·        Drum
·        Ember
·        Dll
c.      Bentuk Bebas ( Organis ) adalah benda-benda yang mempunyai bentuk dasar tidak beraturan, contoh :
·        Buah
·        Daun
·        Pakaian
·        Sepatu
·        Dll
2.      Prinsip Menggambar Bentuk
a.      Perspektif merupakan prinsip yang penting dalam menggambar bentuk atau melukis corak realis. Menurut prinsip ini obyek yang digambar hendaknya sesuai dengan tampak yang sebenarnya.
·        Hukum-hukum perspektif :
a)     Benda yang dekat dengan mata digambar besar, sedangkan benda yang jauh dari mata digambar kecil
b)     Semua garis tegak lurus selalu digambar tegak lurus
c)     Semua garis horizontal selalu digambar horizontal
d)     Garis sejajar menuju cakrawala akan bertemu pada titik hilang
b.      Proporsi adalah perbandingan bagian perbagian atau bagian dengan keseluruhan
c.      Komposisi ( susunan ) artinya susunan atau letak obyek gambar
d.      Gelap Terang adalah untuk menunjukan bagian benda yang terkena cahaya dan yang tidak terkena cahaya
e.      Bayang-Bayang, setiap benda yang terkena cahaya pasti ada bagian yang terang karena terkena cahaya ( daya refleksi atau memantulkan cahaya ) dan ada bagian yang gelap karena tidak karena cahaya ( daya aborsi atau menyerap cahaya ), bagian yang gelap tersebut dinamakan bayang-bayang. Pada dasarnya ada tiga macam bayang-bayang, yaitu :
·        Bayang-bayang awak yaitu bayang-bayang yang terdapat pada benda itu sendiri
·        Bayang-bayang langkah yaitu bayang-bayang yang menimpa benda lain
·        Bayang-bayang sendiri yaitu bayang-bayang yang nampak pada alas benda yang mengkilat
3.      Teknik Menggambar Bentuk
a.      Linier adalah cara menggambar bentuk dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan
b.      Blok adalah cara menggambar bentuk dengan cara menutup obyek gambar dengan satu warna
c.      Arsir yaitu memberi kesan gelap terang dengan cara goresan silang atau sejajar atau tidak beraturan yang diulang-ulang
d.      Dusel yaitu memberi kesan gelap terang pada obyek gambar dengan cara menggoreskan pensil yang direbahkan
e.      Pointilis yaitu memberi kesan gelap terang dengan cara dititik-titik
f.       Aquarel adalah cara menggambar bentuk dengan menggunakan media cat air
g.      Plakat  adalah cara menggambar bentuk dengan menggunakan cat plakat, cat poster, serta cat minyak
C.     Desain dan Ragam Hias
1.      Desain ( Rancangan ) artinya proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru.
a.      Desain awal
b.      Desain pengembangan
c.      Desain akhir
2.      Ragam Hias adalah semua bentuk dekorasi atau hiasan yang bernilai estetis dan spiritual yang dipakai untuk memperindah suatu benda, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Jenis-jenis ragam hias :
a.      Alam, contoh :
·        Motif awan
·        Motif hujan
·        Motif laut
·        Motif gunung
·        Dll
b.      Makhluk hidup, contoh :
·        Motif manusia
·        Motif binatang
·        Motif tumbuhan
c.      Bentuk geometris, contoh :
·        Motif swatika
·        Motif meander
·        Motif tumpal
·        Dll

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar